A. Pendahuluan
Anak
merupakan generasi penerus bangsa yang berlangsung secara terus menerus dan bersifat alami. Dari
generasi ke generasi masyarakat suatu
bangsa akan mengalami pertumbuhan yang berbeda
dimana kualitas masyarakatnya
akan ditentukan oleh pengalaman dan
pembelajaran yang diperoleh dan
dimili kinya baik secara formal maupun
non formal. Masyarakat yang memperoleh pengalaman dan pembelajaran yang
berkualitas tentu saja akan menjadikan generasi yang berkualitas pula, begitu
juga sebaliknya. Salah satu indikator
yang menentukan kualitas suatu generasi
masyarakat ditentukan oleh pendidikan yang diperoleh baik itu melalui
pendidikan formal maupun pendidikan non formal.
Peletakan
dasar untuk pengembangan pikir dan kepribadian anak sangat ditentukan oleh proses
pembelajaran yang diberikan oleh orang tua sejak anak-anak masih berusia pra
sekolah 0 hingga 6 tahun. Pengalaman yang diterima oleh anak-anak melalui
proses pembelajaran lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun
lingkungan kelompok bermain dan Taman
Kanak-kanak merupakan hal yang penting
dan menentukan bagi anak untuk
pengembangan ke depan. Pertumbuhan sikap dan sifat anak akan tergantung pada apa yang dilihat,
diperoleh, dan diajarkan oleh orang lain kepada anak karena semua itu menjadikan sumber pengetahuan dan pengalaman yang akan dil akukan oleh
anak. Suatu bangsa berkembang yang hidup dalam suatu masa di mana ilmu
pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesatnya memerlukan suatu adaptasi
kreatif untuk dapat mengikuti perubahan
-perubahan yang terjadi dan menghadapi problema -problema yang semakin
kompleks. Setiap pribadi, kelompok maupun suatu bangsa, harus mampu memikirkan, membentuk cara-cara baru atau mengubah
cara-cara lama secara kreatif, agar
dapat “survive” dan tidak tergilas dalam persaingan antar bangsa
dan negara. Oleh karena itu, pengembangan kreativitas sejak usia dini, tinjauan
dan penelitian-penelitian tentang proses kreativitas, kondisikondisinya serta
cara -cara yang dapat memupuk, merangsang dan mengembangkannya menjadi sangat penting. Pelaksanaan Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD) diselenggarakan dengan
memberikan fasilitas belajar yang sesuai dengan tingkat berpikir anak. Proses belajar pada PAUD ditekankan
pada pengembangan proses berpikir dan
proses berkreasi yang sesuai dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Salah satu proses yang penting
dikembangkan pada PAUD adalah pengembangan kreativitas.