Skip to main content

Kreatifitas Gerak Dan Seni - Karakteristik Gerak Anak TK



      2.  Karakteristik gerak anak TK

Karakteristik gerak pada anak TK umumnya mereka dapat melakukan dengan berbagai kegiatan-kegiatan pergerakan menirukan Apabila seorang guru dapat menunjukkan kepada anak didik suatu action yang dapat diamati (observable), maka anak akan mulai membuat tiruan action tersebut sampai pada tingkat otot-ototnya dan dituntut oleh dorongan kata hati untuk menirukannya. Bahwa dalam perkembangan umumnya anak TK dapat melakukan kegiatan-kegiatan bergerak sebagai berikut:
a.    Menirukan, seperti yang telah penulis ungkapkan sebelumnya dalam upaya pengembangan kreativitas tari bahwa dalam bermain anak senang menirukan sesuatu yang dilihat. Anak dapat menirukan gerakan-gerakan yang dilihat baik dari televisi ataupun gerakangerakan yang secara langsung dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema maupun gerakangerakan binatang yang diamati.
b.    Manipulasi, dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan menampilkan berbagai gerak-gerak dari obyek yang diamatinya. Namun dalam pengamatan dari obyek tersebut anak akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya disukainya. 

Menurut Kamtini dan Husni Wardhi Tanjung dalam bukunya yang berjudul Bermain Melalui Gerak dan Lagu di TK bahwa secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa karakteristik gerak fisik anak TK adalah:
a.    bersifat sederhana,
b.    bersifat maknawi dan bertema, artinya tiap gerak mengandung tema tertentu,
c.    gerak anak menirukan gerak keseharian orang tua dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya,
d.   anak juga menirukan gerak-gerak binatang. Seorang guru TK dalam menata sebuah tari-tarian bagi anak TK harus memperhatikan dua hal yaitu, harus memperhatikan bagian-bagian tubuh yang dapat dilatih dari karakteristik atau ciri-ciri gerak anak.

Popular posts from this blog

Kreatifitas Gerak Dan Seni - Karakteristik Tari Anak TK

1.       Karakteristik Tari Anak TK Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat memberikan tari yang sesuai dengan karakteristik anak TK yaitu ada beberapa butir yang harus diketahui antara lain: a.     Tema Bahwa pada umumnya anak-anak selalu menyenangi apa yang pernah dia lihat. Dari apa yang dilihatnya secara tidak disadari atau disadari dengan spontan. Anak akan menirukan gerak-gerak yang sesuai dengan apa yang pernah dilihatnya. Dari gerak-gerak yang pernah dilihat dan diamati oleh anak maka dapat dijadikan suatu tema. Tema-tema yang pada umumnya disenangi oleh anak-anak TK diantaranya adalah tingkah laku binatang seperti : kucing, anjing, burung, kupu-kupu, bebek dan lain-lain. Anak juga menirukan tingkah laku manusia seperti : ayah, ibu, dokter, insinyur dan lain-lain. b.     Bentuk Gerak. Bentuk gerak yang sesuai dengan karakteristik tari anak-anak, pada umumnya gerak-gerak yang dilakukannya tidaklah t...

Perkembangan Sains Dan Matematika AUD - Pengertian Matematika Anak Usia Dini

A.     Pengertian Matematika Anak Usia Dini Matematika merupakan proses kemampuan-kemampuan yang membantu anak sejak dini dengan kehidupan atau lingkungan di sekitar mereka, secara alamiah anak memperoleh kemampuan-kemampuan ini secara bertahap bahkan sampai bertahun-tahun untuk membangun pengetahuan dasar mereka, setiap anak memiliki perkembangan dan tahapan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya sebelum naik ke tingkat yang labih mahir, bahkan di antara mereka merupakan pemecah masalah yang hebat. Belajar matematika terjadi alami seperti anak bermain. Anak usia dini menemukan, menguji serta menerapkan konsep matematika secara alami hampir setiap hari dalam hal yang mereka lakukan. Kegiatan belajar matematika secara sederhana terjadi dalam kehidupan sehari- hari anak, seperti saat orang tua menghitung bersama anaknya yang berumur empat tahun untuk mengetahui berapa balok yang digunakan untuk membangun jembatan. Anak-anak usia dini juga melakukan kegiatan...

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran Modul 2.3 - Tri Kurnia Septiani

 Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran Modul 2.3 Peran Coach dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dan Pengembangan Kompetensi sebagai Pemimpin Pembelajaran Oleh : Tri Kurnia Septiani, M.TPd Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Sumatera Utara Pendahuluan  Dalam konteks pendidikan yang terus berkembang, peran seorang guru tidak lagi terbatas pada pengajaran materi di dalam kelas. Guru kini juga diharapkan untuk berperan sebagai fasilitator, mentor, dan bahkan coach bagi siswa mereka. Program Guru Penggerak adalah salah satu inisiatif yang menekankan pentingnya peran multifaset ini. Pada modul 2.3, kita membahas bagaimana peran sebagai coach di sekolah berkaitan erat dengan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosional, serta bagaimana keterampilan coaching dapat mengembangkan kompetensi kita sebagai pemimpin pembelajaran. Artikel ini akan menguraikan kedua aspek tersebut berdasarkan refleksi pribadi dan materi yang telah dipelajari.  1. Peran Sebagai Coach di ...