2. Karakteristik
gerak anak TK
Karakteristik gerak pada anak TK umumnya
mereka dapat melakukan dengan berbagai kegiatan-kegiatan pergerakan menirukan
Apabila seorang guru dapat menunjukkan kepada anak didik suatu action yang
dapat diamati (observable), maka anak akan mulai membuat tiruan action tersebut
sampai pada tingkat otot-ototnya dan dituntut oleh dorongan kata hati untuk
menirukannya. Bahwa dalam perkembangan umumnya anak TK dapat melakukan
kegiatan-kegiatan bergerak sebagai berikut:
a. Menirukan,
seperti yang telah penulis ungkapkan sebelumnya dalam upaya pengembangan
kreativitas tari bahwa dalam bermain anak senang menirukan sesuatu yang dilihat.
Anak dapat menirukan gerakan-gerakan yang dilihat baik dari televisi ataupun
gerakangerakan yang secara langsung dilakukan oleh orang lain, berdasarkan tema
maupun gerakangerakan binatang yang diamati.
b. Manipulasi,
dalam kegiatan ini anak-anak secara spontan menampilkan berbagai gerak-gerak
dari obyek yang diamatinya. Namun dalam pengamatan dari obyek tersebut anak
akan menampilkan sebuah gerakan yang hanya disukainya.
Menurut Kamtini dan Husni Wardhi
Tanjung dalam bukunya yang berjudul Bermain Melalui Gerak dan Lagu di TK bahwa
secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa karakteristik gerak fisik anak TK adalah:
a. bersifat
sederhana,
b. bersifat
maknawi dan bertema, artinya tiap gerak mengandung tema tertentu,
c. gerak
anak menirukan gerak keseharian orang tua dan juga orang-orang yang berada di
sekitarnya,
d. anak
juga menirukan gerak-gerak binatang. Seorang guru TK dalam menata sebuah
tari-tarian bagi anak TK harus memperhatikan dua hal yaitu, harus memperhatikan
bagian-bagian tubuh yang dapat dilatih dari karakteristik atau ciri-ciri gerak
anak.