B. Tujuan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini
Tujuan Mata Pelajaran Matematika
karena anak usia dini yang berusia enam/tujuh sampai dengan delapan tahun telah
berada di Sekolah Dasar (SD). Menurut Peraturan Mentreri Pendidikan Nasional
(Permendiknas) No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi, tujuan Mata Pelajaran
Matematika adalah:
1.
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan
antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat,
efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah
2.
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika
3.
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami
masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi
yang diperoleh
4.
Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram,
atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam
mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan
masalah.
Lebih jauh, dalam Permendiknas dinyatakan bahwa:
“Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai
dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir
logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif. Dalam setiap
kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah
yang sesuai dengan situasi (contextual
problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap
dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran,
sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti
komputer, alat peraga, atau media lainnya.”
Keterampilan yang dibutuhkan anak untuk memahami
matematika adalah kemampuan untuk mengidentifikasi konsep-konsep matematika
yang dapat dipelajari anak-anak melalui kegiatan bermain. Pada intinya,
matematika merupakan salah satu cara dalam melatih anak untuk berpikir dengan
cara-cara yang logis dan sistematis.