Perkembangan Sains Dan Matematika Anak Usia Dini - Latar Belakang

11:40 PM



Pengetahuan tentang matematika sebenarnya sudah bisa diperkenalkan pada anak sejak usia dini (usia lahir - 6 tahun). Pada anak-anak usia di bawah tiga tahun, konsep matematika ditemukan setiap hari melalui pengalaman bermainnya. Misalnya saat membagikan kue kepada setiap temannya, menuang air dari satu wadah ke wadah lain, mengumpulkan manik-manik besar dalam satu wadah dan manik-manik yang lebih kecil pada wadah yang lain, atau bertepuk tangan mengkuti pola irama.
Kurikulum pembelajaran matematika pada pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar kelas awal tentunya mengacu pada kurikulum pembelajaran nasional. Perkembangan kurikulum di indonesia sudah beberapa kali melakukan perubahan hingga saat ini menggunakan kurikulum 2013 dari yang sebelumnya menggunakan kurikulum KTSP.

Perkembangan dan perbandingan kurikulum di indonesia dan international, terutama kurikulum untuk pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar kelas awal menjadi penting dipelajari, agar penggunaan kurikulum tidak semata-mata mengikuti kurikulum yang sudah ada, tetapi diharapkan mampu menyesuaikan dengan standar internasional walaupun tetap berpegangan pada kurikulum yang sudah ditetapkan di indonesia.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images